Perbaiki Receiver Matrix Burger sinyal lemah

 

Antena parabola sering diatur dan resiver matrik burger sering dipindai untuk mendapatkan frekuenci terbaru, beberapa hari parabola terkadang memiliki banyak masalah, terkadang banyak siaran dan terkadang hanya beberapa. Kendala seperti ini tidak tergantung pada cuaca. Kendala seperti ini baru saja dialami, pemasangan parabola sekitar 4 tahun lalu. Dalam paket pembelian, penerima menggunakan resiver matrik burger mp2 dan disk menggunakan 6 feet, penerimaan satelit menggunakan 4 LNB. Jika Anda memiliki parabola yang sama dan memiliki masalah yang sama, Anda dapat mencoba tutorial ini untuk memperbaikinya sendiri.

 

Persiapan Perbaikan

Sebelum perbaikan harus menyiapkan peralatan untuk mempercepat pekerjaan. Dalam menangani kasus ini persiapannya adalah SAT FINDER untuk mengetahui kekuatan sinyal. Apakah lemah dari antena parabola atau memang dari penguat resiver matrik burger sudah mulai melemah dalam menangkap sinyal.

 

Jika Anda tidak memiliki SAT FINDER, Anda harus menyiapkan televisi portabel untuk monitor siaran, Resiver matrik atau merek lain yang diisi dengan program chanel terbaru, dan rol kabel untuk listrik. Gulungan kabel daya memungkinkan untuk memeriksa sinyal dengan menyalakan monitor dan resiver dekat dengan antena parabola.

 

Mencari Kerusakan

Untuk menemukan sinyal yang tidak stabil, Anda harus menghubungkan resiver matrik burger yang dekat dengan parabola. mengingat kabel dengan umur yang cukup panjang membuat kabel berjamur. Jamur pada kabel dapat menggangu stabilitas tegangan dari resiver martik burger ke switch sebelum LNB.

 

Setelah semua siap dan terhubung ke parabola, saatnya untuk menyalakan televisi dan resiver matrik burger. Pada siaran menggunakan resiver matrik yang merupakan pembelian parabola, hasilnya masih kurang. Kemudian ganti dengan resiver cadangan dengan hasil yang sangat normal. Berarti komponen resiver matrik burger bawaan sudah mulai lemah.

 

Setelah memprediksi melemahnya resiver matrik burger, kemudian buka penutup atas dari resiver. Kemudian periksa mulai dari steker listrik ke regulator yang melewati tombol catu daya. Kabel normal dan tombol power supply juga normal. Kemudian periksa tegangan output catu daya, temukan tegangan output adalah 3,0 Volt, 17 Volt, dan 11,5 Volt, dengan asumsi tegangan tidak normal. Yang seharusnya normal pada 3,0 Volt harus 3,3 Volt, 17 Volt harus 20 Volt, dan 11,5 Volt harus 15 Volt.

 

Kemudian lepaskan elko dengan ukuran catu daya primer 10uf / 400 Volt. Setelah diuji menggunakan elko tester khusus ditemukan 8,9uf / 400 Volt . Kemudian sekunder, yaitu, ukuran elko adalah 220uf / 25 Volt dan 1000uf / 16 Volt. 22 0uf / 25 Volt hanya 156uf dan 1000uf / 16 Volt hanya 560uf. Yang lain masih normal. 3 Elko mengalami penurunan kualitas dan harus diganti.

 

 

Penggantian Komponen

Dalam mengganti komponen yang rusak pada elko, upaya dilakukan untuk menggunakan kualitas yang sangat baik, untuk menghindari tekanan yang tidak stabil dan dapat mengganggu penampilan gambar di layar atau suara. Pada elko dengan ukuran 220uf / 25 Volt, Anda dapat mengubah ukuran voltase jika Anda tidak mendapat voltase yang sama. Misalnya 220uf / 25 Volt dapat diganti dengan 220uf / 35 Volt atau 220uf / 50 Volt. Untuk ukuran 1000uf / 16 Volt juga bisa diganti dengan 1000uf / 25 Volt atau 1000uf / 35 Volt. 10uf / 400 Volt dapat diganti dengan 10uf / 450 Volt.

 

Setelah semuanya diganti dan periksa apakah tidak ada terbalik dalam pemasangan elko. Kemudian resiver terhubung ke antena kemudian diuji dengan mencolokkan steker listrik dan lihat hasilnya. Pada kesempatan ini resiver telah kembali normal pada tegangan 3,3 Volt, 20 Volt, dan 15 Volt. Maka tampilan layar sangat stabil dan chanel kembali normal.

 

 

Baca Juga:

Kode universal remote control digital receiver parabola

DVD Niko NK-187 Disk berputar tidak membaca

Cara memperbaiki LG CA20A65 kadang mati sendiri

Cara memperbaiki LG 21SD1AD hidup sebentar mati

 

 

 

Respond For " Perbaiki Receiver Matrix Burger sinyal lemah "