Gambar TV terkadang hilang pada mesin W-com 21 inci

Mesin televisi W-com yang dijual di pasar sebagai pengganti mesin televisi asli yang telah rusak tidak ada pengganti untuk komponen yang dijual di pasar. Mesin W-com dipasang pada tabung CRT 21-inci selama sekitar 2 tahun dan kemudian mengalami kerusakan pada gambar dan suaranya sering hilang atau bergeser. Ikuti cara mengetahui penyebab kerusakan pada mesin W-com dan kami tunjukkan skema pada bagian yang rusak.

 

Kerusakan pada gambar dan suara sering hilang atau bergeser pada mesin W-com, ada banyak penyebab, termasuk tegangan tidak stabil pada VT (Voltage Tunning) ke tunner yang disebabkan oleh komponen seperti resistor, elko, dioda zener dan transistor. Penyebab lainnya adalah tunner, dan IC memori, dan voltase yang tidak stabil juga dapat menyebabkan IC memori menjadi tidak stabil. Untuk mengetahui dengan tepat multitester tegangan harus sangat akurat dan stabil.

 

Sebelum mengukur tegangan di sekitar komponen VT (Voltage Tunning), televisi harus terlebih dahulu tepat di satu stasiun televisi siaran. Setelah itu siapkan multitester dengan pengaturan tegangan pada 250 Volt DC. Tunggu siaran televisi mulai bergeser. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.

 

 

Ukur tegangan 115 Volt

Pertama mengukur tegangan output regulator pada catu daya, biasanya tegangan adalah 115 Volt tergantung pada penyesuaian yuke horisontal. Jika voltase berubah, ini akan membuat input tunner VT juga berubah dan menyebabkan siaran televisi bergeser atau menghilang. Jika ini terjadi, kerusakan biasanya terjadi pada regulator keluaran stabilizer dan regulator dapat bocor pada zener, trimpot, dan komponen lainnya.

Ukur tegangan 33 Volt

Kemudian ukur voltase setelah R718 dengan ukuran resistor 12 kilo ohm 2 Watt tepatnya pada dioda 33 Volt Zener. Tegangan harus 33 Volt, jika tegagan ini tidak stabil pada 33 Volt, kerusakan biasanya terjadi poada resistor R718 (12k 2 Watt) atau bisa juga pada dioda zener 33 Volt.

 

Ukur Voltase VT (Voltage Tunning)

Pengukuran selanjutnya pada pin VT tunner, misalnya dalam siaran televisi dikunci pada 11.5 Volt, jika itu berubah atau berfluktuasi pada tegangan itu, maka ada kerusakan pada resistor R723 15k, R724 15k, R725 33k, dan R104 39k. Bisa juga dipengaruhi oleh tunner yang sudah mulai short.

 

Dan jika pengukuran ditemukan sebagai tegangan yang stabil pada pin tunner VT tetapi siaran tetap bergeser atau hilang, kita dapat yakin bahwa tunner rusak.

 

Ukur tegangan pin IC TMPA 8893

Pengukuran kerusakan komponen terakhir dapat merujuk ke TMPA 8893 IC, dengan mengukur pada pin 60 dari TMPA 8893 IC. Jika siaran terkunci tetapi tegangan pada pin 60 dari IC 8893 tidak stabil, dapat dipastikan bahwa IC telah rusak.

 

Baca Juga:

Cara memperbaiki tegangan Televisi 115 Volt Short

Cara memperbaiki catu daya Samsung LED UA32FH003R

Perbaiki Receiver Matrix Burger sinyal lemah

DVD Niko NK-187 Disk berputar tidak membaca

 

 

 

Respond For " Gambar TV terkadang hilang pada mesin W-com 21 inci "