Cara memperbaiki tegangan Televisi 115 Volt Short

 

Televisi layar datar ” Combo Luxurious Flat” dengan ukuran tabung 21 inci. Televisi mati tiba-tiba ketika dinyalakan, dengan lampu kontrol pada led juga mati, yang disebabkan oleh banyak faktor. Setelah memeriksa televisi yang rusak ini, kerusakan itu disebabkan oleh tegangan short, diukur 10 Volt yang seharusnya 115 Volt dalam kondisi normal.

 

Apa penyebabnya, ikuti sampai akhir artikel ini. Untuk mendapatkan informasi artikel terbaru secara otomatis, jangan lupa untuk mengisi E-mail yang valid dan klik berlangganan, gratis. Dalam kotak yang disediakan di bawah.

 

 

Tegangan Short 115 Volt

Tegangan short 115 Volt pada televisi Cina juga akan menyebabkan tegangan short pada beberapa output pada trafo switching. Termasuk tegangan ke bagian program, vertikal dan audio. Dapat menyebabkan tidak ada tegangan pada lampu led kontrol, sehingga lampu led tidak menyala sama sekali. Dengan melepas komponen short, semua tegangan keluaran dapat kembali normal.

 

Komponen yang sering short

Komponen yang sering short pada 115 Volt setelah transformator adalah dioda pada 115 Volt, elko biasanya mulai dari 47uf / 160 Volt hingga 220uf / Volt pada tegangan output 115 Volt menuju flyback. Kemudian flyback positif short ke ground, transistor, dioda damper, dan kapasitor di blog horisontal.

 

Komponen yang sering short selain 115 Volt adalah dioda pada 12 Volt yang mengarah ke bagian program. Kemudian dioda ke tegangan vertikal, biasanya sekitar 24 Volt hingga 26 Volt. Dan dioda ke tegangan audio dengan tegangan 14 Volt. Tegangan short juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada IC audio.

 

 

Kerusakan komponen

Ketika memeriksa kerusakan pada televisi ini, jika diberi tegangan diukur 10 Volt pada 100uf / 160 Volt kaki elko yang seharusnya memiliki tegangan 115 Volt. Ketika televisi dimatikan transformator berbunyi mencuit sebentar. Setelah mengukur komponen satu per satu ditemukan dioda damper short. Diberi kode on board VD135 dengan seri tipe dioda HER305. Dioda damper ketika diukur menggunakan avo meter melihat jarum 2 ohm bolak balik, yang berarti rusak.

 

Dioda damper VD135 dengan seri tipe dioda HER305 adalah dioda damper terpisah. Berarti dalam transistor horisontal tidak ada dioda damper. Transistor horisontal bila diukur sama dengan transistor NPN pada jenis catu daya. Bisa juga dimungkinkan jika transistor horisontal yang rusak diganti dengan jenis catu daya transistor NPN.

 

Penggantian komponen yang rusak

VD135 dioda damper dengan seri tipe dioda HER305 untuk penggantian yang telah rusak diupayakan dengan tipe yang sama untuk menjaga daya tahan dalam penggunaan televisi. Atau bisa juga diganti dengan tipe lain yang banyak dijual di pasaran dengan tipe FR309. Juga dapat mengambil dioda damper pada mesin televisi lama yang tidak lagi digunakan.

 

Periksa semua komponen

Setelah mengganti dioda, diharapkan untuk memeriksa semua komponen seperti elko yang sudah tua dan yang kualitasnya menurun. Kemudian kabel pada flyback mencapai flyback karet yang terhubung ke tabung televisi. Ketika Anda selesai memeriksa, Nyalakan televisi, apakah voltase pada 115 Volt sangat normal.

 

Apakah layar televisi tidak memiliki penyusutan pada gambar. Misalnya ukuran gambar vertikal dan horisontal dan apakah suara normal, jika semuanya normal, maka hidupkan televisi selama sekitar 2 jam. Jika 2 jam tidak lagi bermasalah dalam suara atau gambar, tutup casing belakang di televisi. Selesai

 

 

Baca Juga:

Cara memperbaiki catu daya Samsung LED UA32FH003R

Perbaiki Receiver Matrix Burger sinyal lemah

DVD Niko NK-187 Disk berputar tidak membaca

Cara memperbaiki LG CA20A65 kadang mati sendiri

Cara memperbaiki LG 21SD1AD hidup sebentar mati

 

 

Respond For " Cara memperbaiki tegangan Televisi 115 Volt Short "