081-110-100-66
admin@mynewtutorial.com

Cara memperbaiki LG CA20A65 kadang mati sendiri

 

Televisi LG Cinemaster dengan tipe CA20A65 dengan penyebab kerusakan terkadang mati sendiri. Tempo waktu kadang-kadang mati sendiri selama sekitar 3 jam ketika dihidupkan terus menerus. Terkadang televisi ini tidak mati meskipun sudah dinyalakan sepanjang hari. 2 hari dihidupkan secara normal, kadang-kadang di hari -hari berikutnya televisi mati sendiri. Inilah yang menyulitkan teknisi untuk menemukan penyebabnya.

 

 

Televisi LG Cinemaster dengan tipe CA20A65 sudah lebih dari 12 tahun, kemungkinan banyak komponen mengalami penurunan kualitas. Beberapa komponen seperti elko yang masih asli, telah dilepas dan diuji mengalami penurunan sekitar 2 hingga 5 persen atau lebih. Ada kemungkinan bahwa selain komponen elko, resistor juga berkurang. Bahkan, hampir semua komponen jika dilepas mengalami penurunan kualitas yang tidak sesuai dengan nilai aslinya. Namun sebagai teknisi harus mengetahui penyebab komponen yang menyebabkan televisi mati dengan sendirinya.

 

Memperkirakan bagian-bagian blog yang rusak

Memperkirakan blog yang rusak adalah cara yang paling tepat dan cepat untuk mengetahui kerusakan komponen. Pada setiap televisi yang memiliki mati total, cek pertama adalah catu daya. Karena catu daya yang lemah memungkinkan STR masih normal. Pemeriksaan juga harus dilakukan dalam memeriksa komponen pendukung STR.

 

Misalnya komponen pendukung seperti elko, resistor dan lainnya yang normal, harus memiliki regulator KIT yang fleksibel (ASTELLO atau GACUN). Untuk mengganti STR untuk sementara. Untuk mengetahui STR dalam kondisi normal atau tidak.

 

Periksa Catu Daya

Periksa catu daya dengan memutuskan jalur ke flyback, lalu hubungkan tegangan output ke 110 Volt dengan lampu 25 watt. Dalam beberapa jam tegangan normal. Kemudian beban ditambahkan ke output, dengan mengubah lampu menjadi 50 watt. Dalam setengah jam mulai redup sedikit dan kemudian mati dan transformator switching mati. Ini menunjukkan catu daya yang lemah.

 

Periksa komponen

Untuk pemeriksaan komponen yang diperkirakan rusak, lepaskan dan periksa satu per satu. Jika catu daya masih bisa hidup, STR tidak boleh dilepas dulu, biasanya masih normal. Komponen pendukung yang mungkin rusak seperti elko, resistor, atau komponen lainnya.

 

Secara pengalaman, elko sering mengalami kekeringan. Setelah melepaskan 2 elko, 1 elko dengan ukuran 220uF / 25 Volt mengalami penurunan kualitas. Yaitu 220uf / 25 Volt yang mengalami penurunan menjadi 182uf. Dalam memeriksa menggunakan elko tester khusus.

 

 

Penggantian komponen yang rusak

Dalam mengganti komponen elko yang rusak. Jika Anda tidak memiliki stok komponen yang sama pada 220uf / 25 Volt. Dapat mengganti elko dengan ukuran 220uf / 35 Volt atau 220uf / 50 Volt. Setelah mengganti komponen dalam bentuk elko, resistor dan lainnya juga diperiksa dan normal, kemudian dilanjutkan dengan tes menggunakan tegangan. Nyalakan catu daya dengan beban pada bola lampu 50 Watt. Tunggu 1-2 jam, jika kondisinya normal, beban lampu kemudian dilepas dan sambungkan jalur koneksi seperti sebelumnya di jalur menuju flyback. Diperiksa setelah koneksi selesai untuk menghindari kerusakan.

 

Setelah fase perbaikan selesai, maka hidupkan televisi. Ketika televisi menyala, sambungkan antena ke televisi dan lihat gambar di layar. Apakah benar menampilkan gambar dilayar secara vertikal dan horizontal. Maka keseimbangan warna dilayar juga harus diperiksa. Jika tidak sesuai, sesuaikan saja melalui menu service. Dan ketika sudah selesai, silakan tutup casing belakang di televisi. Selesai

 

 

Baca Juga:

Cara memperbaiki LG 21SD1AD hidup sebentar mati

Cara memperbaiki Televisi Cina Standby short IC 8873CSCNG6PR6

Kode universal remote control digital receiver parabola

Cara memperbaiki TV Cina – MCB Trip

Memperbaiki televisi Advance X-Treme Flat rusak dengan garis putih tebal

 

 

 

Respond For " Cara memperbaiki LG CA20A65 kadang mati sendiri "